Skip to main content

Mengenal 3 Jenis Burung Kerakbasi Yang Ada di Indonesia Berserta Karakteristiknya

Jenis Burung Kerakbasi -  Burung kerakbasi adalah salah jenis burung berkicau kecil yang masuk ke dalam keluarga Acrocephalidae.  Perlu anda ketahui jika jenis burung kecil yang memiliki suara merdu ini memiliki spesies yang cukup banyak berkisar 43 jenis dengan penyebaran yang cukup sangat besar, 3 di antara jenis burung kerakbasi terdapat di indonesia. 

Burung kerakbasi masih masuk kedalam keluarga sylviidea, dan di pisahkan menjadi keluarga mersh dan tree werbler (Acrocephaliidae). jadi anda jangan heran kalau burung ini di sebut juga marsh warbler atau reed warblers, yang pada dasarnya hidup di daerah basah seperti sawah atau rawa - rawa.

Untuk jenis suara yang di keluarkan dari burung kerakbasi mengingatkan kita kepada burung ciblek atau perenjak dengan type suara tembakan yang bervarian. jadi tidak heran kalau burung ini banyak di sukai oleh para kicau mania di indonesia, karena suaranya yang bergunakan untuk memancing suara burung lainnya. 

Burung kerakbasi

Berikut 3 Jenis Burung kerakbasi yang terdapat di negara tercinta kita indonesia :

Jenis - Jenis Burung Kerakbasi


1. Kerakbasi Besar

Kerakbasi besar adalah salah satu jenis burung kerakbasi yang terdapat di indonesia, ukuran tubuh burung ini sedang, serta panjang sekitar 18 cm. 

Jenis ini memiliki warna bulu yang di penuhi dengan warna coklat, serta ekor yang panjang, kemudian pada bagian alis mata memiliki warna kuning tua yang mencolok. 

Burung kerakbasi besar jika di sandingkan dengan burung kerakbasi ramai hampir serupa dan hanya ada sedikit perbedaan pada bagian paruhnya saja dimana paruh kerakbasi besar lebih pendek dan lebih tebal.  kemudian pada bagian dada mempunyai sediki corak bulu primer yang lebih panjang dan pada bagian mulut terdapat warna merah jambu. 

Di indonesai burung ini tersebar di berbagai wilayah mulai dari pulau Sumatera, Kalimantan, Jawa, Sulawesi, Maluku, Timor, sampai dengan Papua. burung kerakbasi besar juga terbesar di bagian asia timur, pada musim musim tertentu khusunya musim dingin burung ini akan migrasi ke indonsia dan filipina.

Di alam liar atau di habitat aslinya burung ini dapat dengan mudah di temukan di daerah rawa, persawahan, hutan skunder, hingga daerah lebab di daerah dataran rendah.

2. Kerakbasi Ramai

kerakbasi ramai memiliki ukuran tubuh yang sama dengan dengan ukuran kerakbasi besar sekitar 18 cm. 

Di bagiakn tubuh kerakbasi ramai memiliki warna bulu coklat, serta ekor yang panjang dengan warna keputihan pada bagian alis. 

Namum, pada bagian tubuh atas burung ini memiliki warna cokelat zaitun, dan pada bagian bawah memiliki warna keputihan, serta sisi ekor penutup bawah yang mempunyai warna kuning tua. 

Penyebaran burung kerakbasi ramai umumnya sangat berbeda sekali dengan kerakbasi besar yang hampir tersebar di seluruh bagian indonesai, kerakbasi ramai hanya tersebar luar di bagian pulau jawa, kalimantan, hingga maluku. 

Habitat dari burung ini umumnya sama dengan burung kerakbasi besar yaitu di daerah lembab, seperti sawah, rawa - rawa dan hutan mangrove.

3. Kerakbasi Alis Hitam

Jenisa burung kerakbasi alis hitam ini merupakan salah jenis yang mempunyai ukuran tubuh lebih kecil dari dua jenis burung kerakbasi lainnya. ukuran yang di miliki oleh kerakbasi alis hitam hanya sekitr 13 cm. 

Kemudian pada warna bulunya lebih didominasi dengan warna cokelat serta warna alis mata putih kekuningan yang di sertai dengan batas seperti trip berwana hitam pada bagian atas dan bawah, pada bagian bawah burung ini memiliki warna yang dominan keputih-putihan. 

Karakbasi alis hitam umumnya hanya burung migran yang tersebar di bagian wilayah timur laut asian, burung ini akan migrasi pada musim dingin ke india, tiongkok seletan, semenajung malysia serta pulau sumatera. 

Itu lah burung kerakbasi yang terdapat di indonesia.
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar